Obat Herbal Alami

Penyakit Kanker Prostat dan Pengobatannya

Obatherbal-alami.comPenyakit Kanker Prostat dan Pengobatannya baik secara medis maupun Secara Alami sama-sama bertujuan untuk mengatasi penyakit yang akrab dengan kaum adam ini. Apakah Anda berisiko? Yuk cari tahu sekarang juga. Sebelum mengetahui apa itu prostat dan pengobatan penyakit kanker prostat secara alami, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu, gejala dan penyebab penyakit satu ini. Berikut ulasannya!

Sekilas pengertian kanker prostat

Prostat adalah kelenjar kecil di panggul laki-laki, yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat terletak di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis.

Penyakit Kanker Prostat dan PengobatannyaProstat menghasilkan cairan yang membantu memelihara dan melindungi sperma. Ketika ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini untuk uretra. Fluida dipancarkan akan mengalir bersama dengan sperma atau air mani.

Ada kanker prostat yang agresif dan dapat menyebar dengan cepat. Tapi secara umum, kanker prostat tumbuh lambat dan tidak menyebar.

Menurut data WHO, kanker prostat adalah kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan bahwa sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat, dan ada 307.000 kematian pada tahun 2012.

Kasus penyakit kanker prostat, berdasarkan data dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), pada tahun 2012 di Indonesia ada sekitar 13.600 kasus. Dengan tingkat kematian hingga 9.191 kasus.

Gejala penyakit kanker prostat

Kanker prostat mungkin tidak menyebabkan gejala pada tahap awal. Gejala penyakit kanker prostat akan terjadi ketika prostat terlalu besar atau bengkak dan mulai mempengaruhi uretra. Beberapa tanda dan gejala yang timbul ketika hal ini terjadi adalah:

  • Lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari.
  • Merasa nyeri saat buang air kecil.
  • Merasa kandung kemih selalu penuh.
  • Darah dalam urin atau air mani.
  • Tekanan berkurang ketika buang air kecil.

Biasanya, tanda-tanda dan gejala penyakit kanker prostat akan muncul ketika kanker telah menyebar ke luar prostat. Tapi gejala yang ada tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat. Kondisi di atas dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Sampai saat ini, penyebab kanker prostat masih belum diketahui. Tapi faktor keturunan atau genetika dan usia seseorang dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Penyakit Kanker Prostat dan Pengobatannya

Diagnosis penyakit kanker prostat

Ada banyak tes atau pemeriksaan untuk menentukan diagnosis kanker prostat. Tes yang paling umum untuk mendeteksi kanker prostat adalah:

  • Pemeriksaan fisik atau pemeriksaan colok dubur. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menguji ukuran kelenjar prostat.
  • Tes darah. Tes darah ini dikenal sebagai tes PSA (prostate-specific antigen atau antigen spesifik prostat). Tetapi tes ini tidak hanya khusus untuk mendeteksi kanker prostat karena tingkat PSA tinggi, juga dapat meningkat karena kondisi lain seperti infeksi saluran kemih atau peradangan prostat.
  • Sampel jaringan prostat diambil untuk pemeriksaan di laboratorium.

Pengobatan penyakit kanker prostat

Kanker prostat didiagnosis sejak awal akan semakin besar kesempatan pasien untuk sembuh sepenuhnya. Tetapi jika kanker masih dalam tahap awal dan tidak menimbulkan gejala apa pun, pasien dapat memilih untuk berhati-hati atau waspada saja.

Pengobatan penyakit kanker prostat adalah melalui operasi pengangkatan prostat dan radioterapi. Namun, jika kanker terdeteksi telah menyebar ke tulang, misalnya, maka kanker tidak dapat disembuhkan. Pengobatan dilakukan hanya untuk memperpanjang hidup dan meringankan gejala yang muncul.

Penyebab dan gejala kanker prostat

Pada tahap atau stadium awal, kanker prostat biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Tapi ketika pembengkakan mempengaruhi uretra atau kanker prostat telah mulai menyebar, makan muncul beberapa gejala. Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya muncul:

  • Lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari.
  • Merasa sakit saat buang air kecil atau memakan waktu lama.
  • Ada darah dalam urin atau air mani.
  • Urine berkurang tekanannya.
  • Urin keluar saat batuk atau tertawa.
  • Tidak bisa kencing berdiri.
  • Disfungsi ereksi atau lemah syahwat.

Prostat laki-laki umumnya akan bertambah besar seiring dengan usia. Gejala di atas harus disadari, meskipun tidak selalu berarti Anda memiliki kanker prostat. Berikut adalah gejala dari kanker prostat ketika memasuki tahap yang lebih parah:

  • Berat badan turun.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Rasa sakit di tulang, terutama punggung bawah, paha dan pinggul.
  • Mual dan muntah.
  • Sembelit.
  • Merasa nyeri atau kekakuan pada panggul, punggung bawah, paha atas, atau pada tulang sekitarnya.
  • Kelemahan atau kelumpuhan tubuh bagian bawah.

Penyebab penyakit kanker prostat

Penyebab penyakit kanker prostat yang pasti hingga kini masih belum diketahui. Tetapi kanker prostat mempengaruhi laki-laki terutama yang lebih tua. Sekitar delapan dari sepuluh kasus kanker prostat yang diderita adalah pria berusia di atas 65 tahun.

Selain usia, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat:

  • Riwayat kesehatan keluarga. Jika ada keluarga laki-laki yang memiliki kanker prostat atau wanita yang memiliki kanker payudara, risiko Anda untuk mengembangkan kanker prostat meningkat.
  • Makan makanan yang mengandung kalsium tinggi terlalu sering juga dapat meningkatkan risiko kanker prostat.
  • Pria yang kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Prosedur Pemeriksaan penyakit Kanker Prostat

Ada beberapa tes dan prosedur pemeriksaan yang harus diikuti dalam mendiagnosis kanker prostat, adalah sebagai berikut:

Pemeriksaan colok dubur

Dalam prosedur ini, dokter akan memasukkan jari yang telah dibungkus sarung tangan dan dioleskan minyak ke dalam rektum untuk memeriksa kelenjar prostat yang posisinya di sebelah rektum. Jika dokter menemukan kelainan pada tekstur, bentuk, dan ukuran kelenjar prostat Anda, Anda mungkin memerlukan tes yang lebih maju.

Tes PSA (prostate-specific antigen atau antigen spesifik prostat)

Kelenjar prostat menghasilkan protein yang disebut PSA. Kadar PSA dalam darah semua orang cukup sedikit, namun tingkat PSA akan meningkat pada pria yang lebih tua atau seiring bertambahnya usia.

Tes darah PSA berfungsi untuk mengukur kadar PSA dalam darah. Tes PSA tidak spesifik untuk mendeteksi kanker prostat karena kondisi lain seperti radang prostat juga menyebabkan peningkatan PSA dalam darah. Selain itu, beberapa pasien dengan kanker prostat yang tidak memiliki peningkatan kadar PSA. Hanya sekitar 45% dari pasien kanker prostat memiliki PSA yang tinggi kadanya.

Biopsi

Prosedur biopsi adalah pengambilan sampel jaringan prostat untuk penyelidikan lebih lanjut jika ada sel-sel kanker. Ini adalah langkah yang paling diandalkan dalam mendiagnosis kanker prostat.

Selain tiga prosedur di atas, serangkaian prosedur CT-scan, MRI dan pemeriksaan tulang juga mungkin disarankan untuk memeriksa apakah ada penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Tahapan/Stadium Penyakit Kanker Prostat

Untuk menentukan bagaimana cara pengobatan kanker prostat yang tepat, dokter perlu mengetahui pada stadium berapa kanker yang diderita. Dengan demikian, perawatan yang tepat dapat diberikan. Berikut adalah tahapan atau stadium kanker prostat :

  • Tahap atau stadium I. Pada tahap ini, kanker masih sangat kecil dan belum menyebar di luar kelenjar prostat.
  • Tahap atau stadium II. Pada tahap ini, kanker lebih besar dan belum menyebar di luar kelenjar prostat.
  • Tahap atau stadium III. Pada tahap ini kanker telah menyebar di luar kelenjar prostat tapi masih dalam jaringan sekitar, misalnya sekitar uretra.
  • Tahap atau stadium IV. Pada stadium 4 Kanker telah menyebar lebih jauh, misalnya ke kandung kemih, rektum, atau tulang.

Menentukan stadium kanker prostat sangat penting karena berkaitan dengan pemilihan pengobatan penyakit kanker prostat yang tepat untuk mengalahkan kanker yang Anda derita. Referensi : alodokter.com, diadaptasi oleh obatherbal-alami.com.

Add Comment