Obat Herbal Alami

Cara Melaporkan Penipuan Belanja Online

"cara melaporkan penipuan"3 Cara Melaporkan Penipuan Belanja Online

Bisnis online semakin pesat kemajuannya berkat dukungan teknologi internet yang sudah menjamur di hampir seluruh daerah di Indonesia. Namun sayangnya, kemajuan ini juga ternyata tidak sedikit membawa korban, karena adanya oknum-oknum yang memanfaatkan untuk melakukan penipuan lewat belanja online. 3 cara melaporkan penipuan belanja online bagi Anda yang telah menjadi korban penipuan para oknum yang memanfaatkan media internet untuk melakukan tindakan kejahatan!

Berbagai upaya mereka lakukan untuk menjerat konsumen yang berbelanja lewat internet online. Hal ini tentunya membuat kepercayaan netizen yang gemar berbelanja onlie menjadi turun. Dampaknya akan terasa kepada para pelaku usaha online yang memang jujur mengelola bisnisnya. Tapi, tidak usah khawatir, kini Anda bisa melakukan pelaporan terhadap sebuah penipuan belanja lewat online.

3 cara melaporkan penipuan belanja online

Sudah marak sekali penipuan-penipuan yang terjadi secara online. Terkadang kita sebagai pembeli produk/barang serasa tak bisa berbuat apa-apa untuk menangkap pelaku penipuan tersebut karena kita bahkan tak mengerti atau mengenal apalagi tau secara fisik orang yang melakukan penipuan. 3 cara melaporkan penipuan belanja online agar mendapat bantuan dari pihak berwajib guna menertibkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, karena tindakan penipuan online yang mereka lakukan akan merusak citra penjual online!

Penipuan yang dilakukan oleh manusia-manusia tidak bertanggung jawab lewat situs online terus bertumbuh, apa yang terjadi sebenarnya?

Tak jarang para korban penipuan belanja online hanya bisa pasrah dan mengikhlaskan sejumlah uang yang terlanjur ia transfer ke nomor rekening si penipu itu. Tapi sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk melaporkan tindak penipuan tersebut. Berikut 3 Cara Melaporkan Penipuan Online yang bisa Anda lakukan:

  1. Laporkan ke Kantor Polisi

Ya, Anda bisa langsung melaporkan tindak penipuan online yang terjadi pada Anda ke kantor polisi. Ada beberapa langkah-langkah yang wajib Anda lakukan ketika melapor ke kantor polisi:

Bawalah bukti, seperti bukti transfer Anda ke nomor rekening penipu sebagai alat dasar penyidikan. Nantinya polisi akan membuatkan laporan yang berisikan tentang identitas terlapor maupun pelapor.

Setelah laporan Anda selesai dibuat, nantinya Anda akan diberikan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL). Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) ini adalah bukti bahwa Anda telah melaporkan tindak penipuan belanja online yang Anda alami.

Selanjutnya, Anda hanya menunggu saja bagaimana perkembangan kasus yang ditangani oleh kepolisian. Kemudian Anda akan mendapatkan surat pemberitahuan perkembangan Hasil Penyidik (SP2HP).

  1. Melapor melalui Email

Saat ini pun Anda juga bisa melaporkan tindak penipuan belanja online melalui email. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke kantor polisi atau misal Anda sedang tidak ada waktu untuk ke luar rumah, melapor melalui email merupakan cara tepat yang bisa Anda lakukan. 3 cara melaporkan penipuan belanja online!

Lalu caranya bagaimana? Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Berikanlah info sedetail-detailnya bagaimana jalannya transaksi
  • Masukkan pula bukti-bukti lainnya, seperti bukti pengiriman atau bukti transfer, sms, ataupun bukti percakapan lainnya antara Anda dan penipu
  • Sertakan pula data-data penipu, seperti nomor rekening, nomor handphone, maupun sosial media yang digunakan oleh penipu
  • Kemudian kirimkanlah semua bukti dan data-dta tersebut ke email resmi Kepolisian Republik Indonesia, yaitu cybercrime@polri.go.id
  1. Berusaha Memblokir Rekening Pelaku

Ya, selain melapor ke polisi secara langsung ataupun melalui email, Anda juga bisa berusaha untuk memblokir rekening si pelaku. Selain Anda bisa mencegah penipuan itu terjadi kembali terhadap Anda, memblokir rekening pelaku juga bisa mencegah pelaku melakukan penipuan terhadap korban-korban lainnya.

Setelah Anda yakin telah ditipu, lebih baik secepatnya Anda melakukan pengaduan ke Bank sehingga mungkin saja masih ada kesempatan uang Anda kembali.

Setiap bank punya prosedurnya sendiri-sendiri atas pengaduan dari korban penipuan belanja online. Diantara Bank BCA, BNI, CIMB, Mandiri, dan BRI, Bank BCA lah yang punya prosedur pelayanan pengaduan yang komplit dibandingkan dengan bank-bank lainnya. 3 cara melaporkan penipuan belanja online!

Kesamaan dari bank satu dengan bank lainnya terkait prosedur pengaduan pemblokiran rekening pelaku penipuan adalah Anda diwajibkan untuk terlebih dahulu menelpon call centernya, dengan begitu Anda akan dijelaskan mengenai prosedur pengaduan pemblokiran rekening pelaku penipuan.

Berikut nama-nama bank beserta call centernya:

  • Bank BCA di 1500888
  • Bank BNI di 1500046
  • Bank CIMB di 14041
  • Bank Mandiri di 14000
  • Bank BRI di 14017

Inilah 3 Cara Melaporkan Penipuan belanja Online yang dapat ditulis. Semoga bisa membantu Anda sekalian dalam melaporkan tindak penipuan belanja online yang terjadi kepada Anda. Kembali atau tidaknya uang Anda, setidaknya Anda telah berusaha menghentikan aksi para pelaku tindak kejahatan dalam menipu para penjual online dan setidaknya membuat jera. Berhati-hatilah dalam melakukan transaksi belanja online, jangan tergiur dengan tawaran menggoda selera seperti harga yang murah, dan sebagainya, terima kasih.

Add Comment